Simulator Musim

NAAP Astronomy Labs - Basic Coordinates and Seasons - Seasons and Ecliptic Simulator

Simulator ini menggambarkan perjalanan bumi mengelilingi matahari(mengorbit matahari). Sumbu bumi tidak tegak lurus bidang orbit, melainkan melenceng 23,5°dari tegak lurus. Inilah yang menimbulkam musim dalam perjalanannya mengelilingi matahari

Panel besar di sebelah kiri mengambarkan tempat kedudukan bumi dan matahari. Ada dua pilihan View. Orbit view menggambarkan bumi mengelilingi matahari. Celestial spere view menggambarkan kejadian yang sama, tetapi dilihat dari pengamat di bumi. Matahari seakan-akan bergerak pada bola langit(celestial spere).

Panel kanan atas menggambarkan bumi tersorot cahaya matahari. View from side(tampak samping) memperlihatkan arah sinar matahari yang datang ke bumi. View from sun (tampak dari matahari) memperlihatkan bumi bila dilihat dari matahari. Dengan kata lain pengamat melihat sisi terang bumi.

Panel kanan bawah menunjukan arah(sun light angle) atau intensitas (sun beam spread) dari sinar matahari menurut pengamat dengan dengan lintang tertentu. Tinggi lintang dapat kita ubah dengan menyeret(mengunakan mouse) manusia lidi pada panel kanan-atas. Atau menyeret lingkaran lintang berwarna merah.

Hari dalam tahun tergambar pada time-line(garis waktu) panel bawah. Hari dapat diubah dengan menyeret kursor atau tekan tombol start animation.

Bila show sub polar point terpilih, maka akan menampilkan penanda dimana matahari akan terlihat diatas kepala. Dengan kata lain di tempat tersebut sinar matahari paling cerah.

Simulator ini di download dari astro.unl.edu

Jadilah orang yang pertama mengirim komentar