Foto Rasi Bintang Scorpio

 

Foto Rasi Scorpio, sumber http://www.scienceandart.com/

Scorpio sang kalajengking adalah rasi bintang tanda Zodiac. Diantara ke-12 tanda Zodiac, rasi inilah yang paling mudah dikenali karena terlihat cermelang dan bentuknya yang unik. Bintang-bintang pada rasi Scorpio membentuk huruf "J" ekor penyengat sang kalajengking.

Bintang yang paling terang pada rasi Scorpio disebut Antares. Pada gambar diatas Antares tampak kemerah-merahan.

Pada latar belakang Scorpio dapat dilihat galaxy Milkyway (Bima sakti). Anda dapat pula melihat pusat galaxy Milkyway, ketahuilah letak pusat Galaxy milkyway ada pada Zodiac Sagittarius yang letaknya bersebelahan dengan Zodiac Scorpio. Jadi Rasi Scorpio yang mudah dikenali ini dapat digunakan sebagai petunjuk untuk menemukan letak pusat Bima sakti. Untuk menemukan pusat galaxy, kita tinggal mencari rasi Sagittarius yang letaknya bersebelahan dengan Scorpio. Kalau anda menemukan gugus bintang berbentuk seperti poci teh, itulah rasi Sagittarius.

Sangat menarik untuk melihat Galaxy Milkyway yakni galaxy tempat tinggal kita, akan tampak bermilyar-milyar bintang. Sayangnya Milky Way sulit dilihat, objek ini sangat jauh, jadi cahayanya sangat redup. Syarat untuk dapat melihanya cukup berat, langit harus cerah tidak berawan, lingkungan harus gelap gulita tidak ada Bulan. Tidak mungkin mengamati Milkyway di perkotaan karena lampu-lampu kota akan menyilaukan pandangan kita. Kita harus melihat dari lokasi yang tidak berpenduduk di luar kota. Galaxy Milky Way tampak putih seperti awan, tapi itu bukan awan tetapi kumpulan dari milyaran bintang. Galaxy itu artinya susu, dinamakan demikian karena milyaran bintang tampak keputihan seperti tumpahan susu. Anda pernah melihat Galaxy Milky Way/ Bima Sakti? Saya belum pernah melihatnya! Saya pernah melihat rasi Scorpio, tapi Bima Sakti tidak terlihat karena terlalu silau oleh cahaya perkotaan di malam hari. Anda termasuk orang beruntung bila anda pernah melihatnya.

Rasi Scorpio paling mudah dilihat pada bulan Mei. Scorpio akan terlihat sepanjang Malam, terbit setelah magrib dan terbenam saat Shubuh. Untuk mengetahui posisi Scorpio pada bulan yang lain, silahkan lihat halaman lain situs ini:

 

Gambar diatas adalah foto dari Scorpio dan Sagittarius. Perhatikan Pusat Galaxy ada di tengah-tengah foto. Arahkan Pointer Mouse pada gambar, maka akan muncul nama-nama.

Foto ini di download pada situs: http://www.astropix.com/HTML/BEGINNER/sagittarius_Scorpius.HTM. Sehubungan Milky Way sangat redup untuk mendapatkan gambarnya, diperlukan penyetelan ISO yang tinggi(1600)., exposure yang cukup lama (60 detik). Karena exposure yang cukup lama ini, dudukan kamera menggunakan alat khusus untuk mengkompensasi putaran bumi. Data gambar