Orbit Matahari Menurut Ptolemy

Animasi tak dapat ditampilkan, broser tidak mendukung canvas. Silahkan update browser terbaru

Orbit Matahari mengelilingi bumi menurut Ptolemy. Bintik biru adalah bumi sedang bintik kuning adalah matahari.

Tampilkan Equant
eksentrisitas

Perjalanan matahari mengelilingi bidang ekliptik ternyata kecepatan sudutnya tidak tetap, melainkan dengan kecepatan sudut yang berubah. Hal tersebut sudah diketahui orang sejak ribuan tahun yang lalu, sejak Zaman Babylonia. Mereka mengamati, jarak dari musim ke musim tidak sama. Dari musim semi (vernal equinox) ke musim panas (summer solistice) 93 hari. Dari musim panas ke musim gugur (autumnal equinox) 93 hari. Dari musim gugur ke musim dingin (winter solistice) 90 hari. Dari musim dingin ke musim semi 89 hari. Kalau matahari bergerak dengan kecepatan tetap tentu jarak dari musim ke musim sama.

Ptolemy berusaha membuat teory untuk menjelaskan mengapa hal tersebut terjadi. Ptolemy bukanlah orang pertama yang berusaha menjelaskan fenomena tersebut. Pendahulu Ptolemy, Astronom Yunani Hipparchus, ber-teory sebenarnya matahari bergerak melingkar dengan kecepatan tetap, tetapi bumi tidak terletak di pusat lingkaran (eksentrik). Hipparchus percaya matahari bergerak melingkar kecepatan tetap berdasarkan dogma dari Aritoteles.

teory hipparchus

Orbit matahari mengelilingi bumi menurut Hippachus

Teory Hipparchus cukup teliti, tetapi pengukuran yang amat cermat ternyata tidak sesuai. Ptolemy memperbaiki teory Hipparchus. Menurut Ptolemy, Matahari bergerak melingkar dengan kecepatan berubah. Matahari bergerak dengan kecepatan sudut tetap kalau dilihat dengan dari equant. Letak Equant bersebrangan dengan letak bumi. Equant dan bumi mempunyai jarak yang sama diukur dari pusat.

teory ptolemy

Orbit matahari mengelilingi bumi menurut Ptolemy

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat animasi diatas. Anda bisa mengubah eksetrisitas yakni jarak bumi ke pusat lingkaran. Besarnya eksentrisitas adalah dibandingkan dengan jari-jari lingkaran. Agar lebih jelas coba dengan harga eksentrisitas yang besar e = 0.5. Sebenarnya esentrisitas letak bumi pada orbit matahari amatlah kecil e = 0.0167.

Boleh jadi anda bingung membaca tulisan saya! Matahari mengelilingi bumi??! Apa tidak terbalik, seharusnya bumi yang mengelilingi matahari? Yak, anda benar seharusnya bumi yang mengelilingi matahari. Tetapi yang terlihat dari bumi mataharilah yang mengelilingi bumi. Karena itu selama ribuan tahun orang salah menduga, mereka (Aristoteles, Hipparchus, Ptolemy dan lainnya) mengira matahari bergerak menggelilingi bumi. Jadi menurut ilmu astronomi modern, yang benar kita pertukarkan posisi bintik biru(bumi) dan bintik kuning(matahari) pada animasi diatas. Jadi bumilah yang beredar mengelilingi matahari. Sekarang kita percaya orbit bumi bukanlah lingkaran melainkan elips. Hal tersebut ditemukan pertama kali oleh Astronom Jerman Yohanes Keppler. Tetapi karena eksentrisitas orbit bumi (orbit matahari menurut Ptolemy) kecil saja. Teory Ptolemy ini nyaris tepat! Itulah sisi mengagumkan dari Ptolemy, orang yang hidup ribuan tahun yang lalu. Ptolemy hidup 150 tahun setelah nabi Isa.

 

 


Jadilah orang yang pertama mengirim komentar