Animasi Orbit Bulan

Animasi tak dapat ditampilkan, broser tidak mendukung canvas. Silahkan update browser terbaru

Stop saat ijtimak

Bintik kuning adalah matahari, bintik biru adalah bumi dan bintik putih adalah bulan. Skala gambar pada animasi diatas tidak proporsional

Animasi ini menggambarkan pergerakan bulan yang kompleks. Bulan bergerak mengelilingi bumi, sementara bumi bergerak mengelilingi matahari. Waktu yang diperlukan bumi mengelilingi matahari satu putaran disebut 1 tahun. Apabila matahari-bulan-bumi membentuk garis lurus dilihat dari arah tegak lurus bidang orbit bumi peristiwa ini disebut konjungsi atau ijtimak. Periode dari ijtimak ke ijtimak berikutnya disebut 1 bulan sinodis lamanya kira-kira 29½hari. Saat ijtimak disebut juga bulan baru.

Perhatikan saat ijtimak, bulan berada diantara matahari dan bumi. Bila kebetulan bulan menghalangi matahari terjadilah gerhana matahari. Ijtimak tidak selalu menghasilkan gerhana matahari. Sekalipun saat Ijtimak matahari-bulan-bumi membentuk garis lurus kalau dilihat dari arah tegak lurus bidang orbit bumi, Tapi belum tentu membentuk garis lurus bila dilihat dari arah sejajar bidang orbit. Hal tersebut disebabkan bidang orbit bumi tidak sebidang dengan bidang orbit bulan.

Bila saat ijtimak, bulan kebetulan berada di perpotongan bidang orbit bumi dan bidang orbit bulan maka terjadilah gerhana matahari.

Untuk memperagakan posisi ijtimak/konjungsi cobalah check stop saat ijtimak, animasi akan terhenti pada posisi ijtimak. Click tombol run agar animasi berjalan lagi.


Komentar:

Dyah Putri S(2016-02-27 11:18:50)

Saya masih kelas 6 sd. Terimakasih


Silahkan tulis komentar anda: