Menentukan Kiblat Dengan Matahari

Garis merah arah Kiblat Garis biru arah Matahari

Cari dalam peta
Form Data
Lintang Bujur Time Zone
Tanggal Bulan Tahun
Waktu Setempat


Hasil perhitungan
Azimuth
Kiblat
(derajat):
Equation
of Time
(menit):
Solar
Declination
(derajat):
Tengah hari
(Dzuhur)
 
Waktu
Kiblat T-M
melawan bayangan
Waktu
Kiblat M-T
searah bayangan
Azimuth
matahari
(derajat)
Elevation
matahari
(derajat):
Kostruksi Arah Kiblat Dengan bayangan dan sudut koreksi α
Pusat(M atau T)  
Sudut kiblat α dari bayangan  
Segi-Tiga Siku-siku  
Segi-Tiga Sama-kaki  

Ketentuan menentukan arah kiblat dengan bayangan matahari

Menentukan arah kiblat memanfaatkan arah bayangan akibat sinar matahari lebih akurat dibandingkan dengan menggunakan kompas. Pengukuran arah dengan kompas mengandung kesalahan yang disebut deklinasi, yaitu jarum kompas sedikit menyimpang dari utara sejati (utara Geografis). Kompas adalah alat yang praktis, dapat dibawa kemana saja kita pergi dan dapat menentukan arah dengan cepat. Ketika anda akan sholat dan tidak tahu kemana arah kiblat, anda dapat menggunakan kompas, tetapi bila kita ingin menentukan kiblat dengan akurat, misalnya ketika hendak membangun mesjid, sebaiknya kita tidak menggunakan kompas

Cara yang paling pintar, benar dan sederhana menentukan kiblat dengan bayangan adalah : saat matahari tepat datas Kabah. Hal itu terjadi ketika :

  1. deklinasi matahari = lintang kabah
  2. Dzuhur dilokasi kabah (kota Mecca)

Kejadian ini terjadi 2 kali dalam setahun yaitu pada tanggal 28 Mei pukul 16:18 WIB (9:18 UT) dan 16 juli 16:27 WIB (9:27 UT). Pada saat itu bayang - bayang tongkat yang tegak-lurus akan mengarah ke kiblat disemua tempat diseluruh dunia asalkan tempat tersebut bukan malam hari. Agar lebih jelas lihat ilustrasi yang dibuat oleh : rukyatulhilal.org

Dalam menentukan kiblat dengan bayangan matahari, yang anda perlukan adalah tongkat-lurus dari kayu atau besi yang ditancapkan tegak lurus di tanah. Bayangan tongkat tersebut nantinya kita gunakan untuk menentukan arah kiblat. Haruslah diwaspadai bahwa tongkat tersebut benar-benar tegak-lurus. Anda harus memastikan tegak-lurusnya tiang tadi dengan dengan tali unting-unting (benang yang diberi pemberat).

Bayangan arah kiblat yang serentak di seluruh dunia ini, cukup langka, hanya terjadi dua kali setahun. Ini tentu menyulitkan bagi yang ingin menentukan arah kiblat dengan segera. Juga menjadi masalah bila saat terjadi matahari tertutup awan. Tahukah anda bahwa bayangan ke arah kiblat sebenarnya terjadi hampir tiap hari? Tetapi tentu saja waktunya tidak serentak seperti halnya peristiwa matahari berada di atas kabah. Jadi waktu kiblat hari ini di Bandung waktunya akan berbeda dengan waktu kiblat hari ini di Banda Aceh. Sebenarnya anda dapat memanfaatkan waktu kiblat yang hampir terjadi setiap hari untuk menentukan arah kiblat. Tetapi masalahnya diperlukan perhitungan yang cukup rumit. Nah, kehadiran web site ini akan mengatasi hal tersebut. Anda tak perlu melakukan perhitungan tersebut sendiri, biarkan komputer yang akan melakukannya.. Anda tinggal mengisi form data dan click tombol hitung, maka dengan segera hasilnya didapat.

Bayangan searah kiblat terjadi pada waktu tertentu, karena itu anda perlu jam (sebaiknya jam digital). Sehari sebelum menentukan arah kiblat, jam anda perlu dicocokkan dengan tanda waktu yang disiarkan oleh RRI (Radio Republik Indonesia). Ketahuilah tanda waktu RRI selalu dikalibrasi sehingga sesuai dengan UT (Universal Time, dulu disebut GMT). Ketika waktu kiblat tiba, segeralah tandai kedua ujung bayangan dengan paku atau spidol. Apabila anda ingin menggunakan spidol, sebelumya tanah perlu dialasi dengan bidang datar yang cukup kaku misalnya selembar multiplex atau papan. Berilah tanda M untuk ujung bayangan yang mengarah ke Matahari dan T (tanah) pada ujung sebaliknya (lihat gambar diatas).

Memberi tanda M dan T diperlukan karena arah kiblat bisa bisa terjadi pada arah T-M atau sebaliknya pada arah M-T. Waktu kiblat tergantung dari tempat dan tanggal. Karena itu pastikan data lokasiLintang, Bujur dan data tanggal telah terisi dengan benar. Bila anda tidak tahu lintang dan bujur tempat tinggal anda, anda dapat memanfaatkan peta diatas. Carilah tempat tinggal anda pada peta. Clik tempat tersebut. Di tempat dimana anda click, akan muncul penanda, kemudian drag-drop penanda sehingga penanda tepat berada di tempat yang dimaksud. Lintang dan bujur yang bersesuaian akan otomatis terisi.

Cara yang lebih mudahuntuk mendapatkan lokasi tempat tinggal anda adalah dengan memanfaatkan fasilitas cari. Ketikkan nama kota anda (misalnya "Bandung") kemudian Clik tombol cari. Bila ingin lebih detail dapat diketik "Bandung, jalan cihampelas".

Oh ya hampir lupa, Anda harus mengisi zona waktu dengan benar. Bila kita menggunakan. Waktu Indonesia bagian barat (UT + 7) isilah zona waktu dengan 7. Bila menggunakan waktu Indonesia bagian tengah (UT+8) isi zona waktu dengan 8. Bila anda kebetulan ada di kota New York Amerika serikat (UT-5) isi zona waktu dengan -5.

Setelah semua data terisi dengan benar, tekan tombol Hitung, maka dengan seketika hasil perhitungan akan ditampilkan. Kami sediakan juga tabel hasil perhitungan untuk sebulan penuh, sebagai cadangan siapa tahu matahari tertutup awan. Bila hal ini terjadi pengukuran dilajutkan besok. Tabel waktu kiblat diperoleh dengan click tombol Tabel.

Apabila anda ingin yang lebih serius (perhitungan lebih akurat), anda dapat mengunduh program komputer "Accurate-Times" Karya Mohamad Odeh. Program tersebut dapat menghitung waktu Kiblat, arah kiblat, Jam Sholat dan lain-lain di : Islamic Crescents' Observation Project.

Waktu Kiblat Tidak Selalu Terjadi

Ada saat-saat dimana waktu kiblat tidak terjadi. Contoh yang mudah adalah kota Pontianak yang dilalui garis equator. Saat matahari mampir di equator pada tanggal 20 maret dan 23 september maka bayangan di kota Pontianak akan tepat mengarah ke Timur-Barat sepanjang hari. Di Pontianak tidak ada waktu kiblat lebih kurang 2 minggu sesudah dan sebelum kedua tanggal diatas.

Bagaimana caranya menentukan arah kiblat manakala waktu kiblat tidak terjadi? Jangan kuatir ada caranya, hanya lebih sulit. Yaitu menggunakan sudut koreksi. Arah bayangan yang tidak tepat mengarah kiblat kita koreksi sehingga tepat mengarah ke kiblat. Sudut koreksi dapat dilukis dengan busur derajat (ketelitian 1°). Bila ingin lebih teliti sudut koreksi dapat dilukisi dengan bantuan segitiga siku-siku atau segi-tiga sama kaki (ketelitian 0.1°). Segi-tiga siku-siku lebih mudah dikonstruksi dengan bantuan penggaris siku. Untuk jelasnya lihat gambar diatas. Perhatikan letak M dan T jangan sampai terbalik! Jangan lupa perhatikan pula : sudut koreksi α searah atau berlawanan jarum jam!

Metoda ini dapat digunakan sembarang waktu asal bayangan matahari panjang. Khususnya untuk di Indonesia lakukan pengukuran pada pagi atau sore hari karena saat itu bayangan matahari panjang. Metoda ini sangat meminimalkan gangguan cuaca. Saat matahari tak terhalang awan, segera tandai banyangan dan catat waktunya. Hitung pula sudut koreksi agar dapat melukis arah kiblat. Perlu diwapadai bidang lukis sudut koreksi harus datar. Bila perlu cek dengan water-pass

Metoda lain yang patut dicatat adalah menandai bayangan saat Dzuhur. Ketahuilah saat Dzuhur bayangan mengarah ke Utara-Selatan. Metoda ini paling baik dilakukan ketika matahari berada di paling utara (Summer Solstice; bulan juni). Atau ketika matahari berada paling selatan (Winter Solstice; bulan Desember). Bila arah utara-selatan dapat diketahui, arah kiblat dengan mudah dapat ditentukan. Karena itulah waktu Dzuhur saya sertakan dalam hitungan ini.

Catatan :


Komentar:

DHIKA(2016-07-15 06:11:02)

Terima kasih, sangat bermanfaat

Hj Sukiman(2016-06-10 09:42:05)

Assalamualaikum, bapak, Tahun lepas saya udah mengunjungi web ni, ni sekali lagi. Pada tanggam 7 hinng 1 marit yang lalu saya ke Ternate rencana Gerhana matahari. Tak cukup waktu untuk bertemu dengan bapak

hana sutisna(2016-06-03 21:07:03)

saya sudah menentukan arah kiblat sesuai petunjuk di atas. namun sebagian besar jemaat mesjid menolaknya dengan alasan kenyamanan shaf yang ingin tetap sesuaiposisi mesjid yg sudah ada.bagaimana sikap saya selanjutnya terutama dlm melaksanakan shalat? sedangkan saya sangat yakin bahwa arah kiblat pada mesjid kami itu tdk tepat.

dalenk(2015-12-04 10:21:43)

Assalmu'alaikum ... saya di pontianak kota garis khatulistiwa...ini sangat bermanfaat dan hitungannya memang betul. hebat.

Heru(2015-02-04 08:04:00)

Assalamualaikum warahtullahi wabarakatuh

Nama saya Heru dari Pontianak..Terima kasih banyak, web ini sangat bermanfaat sekali, semoga selalu eksis selalu...amin

Jawaban Web Master
Wa'alaikumsalam Wr. Wb.
Amin!..., Terimakasih atas doanya. Ini membuat saya bersemangat.

Baca Komentar sebelummya


Silahkan tulis komentar anda: