Kiblat Bumi Bulat Versus Kiblat Bumi Datar

Menurut cerita dari kaum bumi datar, bentuk bumi itu datar. Katanya peta "resmi" kaum bumi datar adalah peta proyeksi AZIMUTHAL EQUIDISTANT dengan kutup utara sebagai pusat peta. Bila seandainya benar demikian, mencari arah kiblat sangatlah mudah. Tariklah garis lurus dari tempat yang akan dicari arah kiblatnya ke kota Mekkah. Arah dari garis lurus itulah arah kiblat.

Graticule

Dibawah ini adalah gambar bola dunia, namanya peta proyeksi ORTHOGRAPHIC. Peta ini dapat digunakan untuk mencari arah kiblat. Tempat yang dicari arah kiblatnya diletakkan di pusat peta, kemudian tarik garis lurus (merah) ke kota mekah. Arah garis lurus tersebut adalah arah kiblat! "Garis Lurus" tadi adalah lingkaran besar

Graticule

Form Data

Kota tempat tinggal anda
Lintang tempat tinggal anda
Bujur Tempat tingal Anda
Hasil perhitungan dengan Bumi bulat
Arah kiblat bumi bulat
(searah jarum jam dari utara)
 
Jarak terdekat ke kota Mekah
(Km)
 
Hasil perhitungan dengan bumi datar
Arah kiblat bumi datar
(searah jarum jam dari utara)
 
Jarak ke kota Mekah
(Km)
 

Ketentuan

Sebelum Arah Kiblat dapat ditentukan, anda harus lebih dahulu mengisi letak Geografis tempat anda tinggal yaitu letak Lintang dan Bujur. Anda dapat mengisi Lintang dan Bujur secara otomatis dengan memilih kota tinggal anda pada "Select Box". Bila kota tempat anda tinggal tidak terdapat di "Select Box" maka anda dapat mengklik Bola Dunia. Tekan tombol Kiri, Kanan, Atas dan Bawah sampai tempat yang dimaksud terlihat pada bola bumi. Atau dapat pula mengklik tempat tinggal ada pada peta bumi datar (Azimuthal EQUIDISTANT).

Metoda yang lebih akurat bila kota tempat tinggal anda tidak terdapat dalam "Select Box" adalah dengan memanfaatkan peta google. Caranya klik tombol peta. Ikuti petunjuknya...Kemudian save lokasi anda, maka kota tempat tinggal anda akan tercantum dalam "Select Box"

Arah Kiblat dihitung dengan satuan derajat, mulai dari Utara searah jarum jam. Perhatikan gambar Bola Dunia di atas. U untuk arah utara, T untuk timur, S untuk selatan dan B untuk barat. Dengan cara demikian arah Utara adalah 0°, Timur 90°, Tenggara 135°, Barat 270° dan seterusnya. Orang menyebut besaran tadi Azimuth, Bearing atau Jurusan.

Catatan :

Cara yang paling benar untuk menentukan arah kiblat adalah menggunakan peta bumi berbentuk globe(bola), karena peta tersebut mengambarkan bentuk bumi yang sebenarnya. Kemudian dengan menggunakan benang hubungkan titik yang akan dicari arah kiblatnya dengan kota Mekkah. Arah benang tadi adalah arah kiblat

Benang tersebut berbentuk lingkaran besar yakni rute terdekat ke kota Mekkah. Anda tidak perlu benar-benar melakukannya dengan sebuah globe dan benang, karena dapat disimulasikan dalam peta orthographic di laman web ini. Pada peta orthographic terlihat lingkaran besar itu merupakan garis lurus. Hal tersebut karena Lingkaran besar tergambar melalui pusat. Cobalah putar globe dengan click tombol kiri, kanan, atas, bawah maka akan terlihat garis lurus itu adalah lingkaran besar

Menghitung arah kiblat dengan asumsi bahwa bumi adalah datar mengunakan peta AZIMUTHAL EQUIDISTANT hasilnya pasti SALAH!

Arah kiblat yang dihitung dengan asumsi bumi bulat adalah cara yang benar, karena BUMI MEMANG BENTUKNYA BULAT


Jadilah orang yang pertama mengirim komentar