Kalender Bulan (Bagian - 4)

Kalender China

Kalender China satu keluarga dengan kalender Yahudi, yaitu kalender luni-solar (surya-chandra). Maksudnya perhitungan tahunnya mengikuti siklus matahari, sedangkan perhitungan bulannya mengikuti fase bulan. Karena satu keluarga dengan kalender Yahudi, maka akan memudahkan kita bila mempelajari kalender China dengan membandingkan dengan kalender Yahudi. Kalender China mempunyai 12 titen (penanda, mark, zhongqi) yang dikaitkan dengan cuaca atau kegiatan pertanian. Silahkan lihat ke 12 zhongqi yang diberi notasi Z1, Z2, ...sampai Z12.

  Titen
(zhongqi)
Artinya Tanggal, bujur ekliptik,
Zodiac
z1 Yu Sui, Rain water Hujan mulai turun 19 Febuari , 330°
Pisces
z2 Chun Fen, Vernal Equinox Ekuinoks musim semi 21 Maret, 0°
Aries
z3 Gu Yu, Grain rain Hujan menumbuhkan bulir gandum 20 April , 30°
Taurus
z4 Xiao Man, Slight Grain Full Bulir gandum mulai bernas 21 Mei, 60°
Gemini
z5 Xia Zhi, Summer Solistice Solistice, musim panas 22 Juni, 90°
Cancer
z6 Da Zhu, Great Heat Cuaca paling panas sepanjang tahun 23 July , 120°
Leo
z7 Chu Zhu, Limit Heat Cuaca panas mulai menghilang 23 Agustus , 150°
Virgo
z8 Qiu Fen, Autumnal Equinox Ekuinoks musim gugur 23 September, 180°
Libra
z9 Shuang Jiang, Descent of frost Es mulai turun 24 Oktober , 210°
Scorpio
z10 Xiao Xue, Slight Snow Salju mulai turun 22 November , 240°
Sagitarius
z11 Dong Zhi, Winter Solistice Solistice, musim salju 22 Desember , 270°
Capricorn
z12 Da Han, Great Cold Cuaca paling dingin sepanjang tahun 20 Januari , 300°
Aquarius

Tentunya kita sudah pada tahu kalau perhitungan tanggal pada kalender China berdasarkan siklus fase bulan, bukan? Bagi anda yang belum tahu, baiklah saya jelaskan. Penampakan bulan di langit berbeda-beda: ada bulan sabit, bulan separuh dan bulan purnama. Perubahan bentuk bulan itu terjadi secara teratur dan mempunyai periode tertentu. Karena perubahan bentuk bulan yang sangat teratur, maka orang menggunakannya sebagai cara mencatat waktu alami.

Ada dua fase utama bulan, yakni fase membesar (waxing) dan fase mengecil (wanning). Fase membesar dimulai saat bulan mati tanggal 1, bulan sabit, bulan separuh tanggal 7 dan bulan purnama tanggal 15. Fase mengecil dimulai dari bulan purnama, bulan separuh tanggal 23 dan diakhiri dengan bulan sabit tanggal 30.

Tetapi bagaimana kita membedakan bulan sabit / bulan separuh pada tanggal muda (fase membesar) dan bulan sabit / bulan separuh tanggal tua (fase mengecil)? Jawabannya gampang, kalau bulan sabit / bulan separuh terlihat setelah matahari tenggelam (petang) artinya tanggal muda, kalau terlihat sebelum matahari terbit (subuh) artinya tanggal tua. Masih kurang jelas? Coba lihat animasi fase bulan. Kalau anda belum pernah mengamati fase bulan, cobalah mulai mengamati malam ini!

Bulan pada kalender China tidak mempunyai nama khusus, melainkan dinamai sesuai urutan angka:

  1. Bulan ke-1 - Cia Gwee
  2. Bulan ke-2 - Ji Gwee
  3. Bulan ke-3 - Sa Gwee
  4. Bulan ke-4 - Si Gwee
  5. Bulan ke-5 - Go Gwee
  6. Bulan ke-6 - Lak Gwee
  7. Bulan ke-7 - Jit Gwee
  8. Bulan ke-8 - Pik Gwee
  9. Bulan ke-9 - Kauw Gwee
  10. Bulan ke-10 - Cap Gwee
  11. Bulan ke-11 - Cap It Gwee
  12. Bulan ke-12 - Cap ji Gwee

Aturan Bulan Kabisat

Satu tahun-lunar terdiri dari 12 siklus sinodik bulan, lamanya kurang-lebih 354 hari. Sedangkan siklus 1 tahun-matahari kira-kira 365 hari. Jadi 12 kali siklus bulan lebih singkat 11 hari dari 1 tahun matahari. Tahun baru China dikaitkan dengan awal musim semi. Agar Jatuhnya tahun baru tepat pada musim yang diharapkan, kadang-kadang satu tahun terdiri dari 13 bulan. Bulan tambahan ini disebut bulan kabisat atau lun gwee. Bila bulan kabisat tidak diselenggarakan, tiap tahun akan menumpuk kesalahan 11 hari. Setelah beberapa tahun, maka tahun baru China bisa jatuh pada musim salju. Tentu saja hal itu tidak benar. Supaya tidak terjadi kesalahan tersebut, perlu diadakan bulan kabisat lun gwee.

Jadi satu tahun, dapat terdiri dari 12 bulan atau 13 bulan pada tahun kabisat. Kalau lamanya satu bulan-lunar itu kita anggap 30 hari dan selisih tahun-lunar dan tahun matahari 11 hari, maka

30/11 = 2,7

Jadi lun gwee itu perlu dilaksanakan 2,7 tahun sekali. Secara praktis dilaksanakan 2 tahun atau 3 tahun sekali. Pada kalender Yahudi pelaksanan lun gwee atau Shanah Me'uberet dilaksanakan 7 kali selama 19 tahun (siklus Metonik). Kalau kita periksa:

19/7 = 2,7 (sama dengan hasil di atas!)

Pada kalender Yahudi bulan kabisat selalu terjadi pada bulan ke-12 (bulan - Adar). Jadi akan ada dua bulan Adar yakni Adar-Alep dan Adar-Bet pada tahun kabisat. Aturan kabisat kalender Yahudi lebih sederhana: Bulan kabisat dilaksanakan 7 kali selama 19 tahun dengan pola 3, 6, 8, 11, 14, 17, 19. Bulan kabisat selalu bulan ke-12. Pada kalender China, lun gwee tidak harus bulan ke-12. Setiap bulan bisa mempunyai bulan kabisat. Bagaimana aturan bulan kabisat pada kalender China? Nanti akan saya jelaskan.

Jumlah hari dalam 1 bulan kalender Yahudi berselang-seling 30 hari dan 29 hari. Bulan ganjil 30 hari dan bulan genap 29 hari. Hal tersebut dimaksud agar sesuai dengan siklus sinodik bulan 29,5 hari. Jumlah hari dalam 1 bulan kalender China tidak mengikuti aturan ganjil genap. Kalender China modern bukanlah kalender aritmatika seperti kalender Yahudi! Kalender China adalah kalender hakiki atau kalender Astronomi. Kalender China mengikuti apa yang sebenar-benarnya terjadi di langit. Tanggal 1 adalah ketika bulan dan matahari "ketemuan" di langit, istilahnya Ijtimak (Arab) atau konjungsi. Karena tanggal 1, mengikuti kapan bulan-matahari konjungsi, lamanya bulan pada kalender China bukan selang-seling 30 hari dan 29 hari seperti kalender urfie (aritmatika) Yahudi. Ternyata lamanya 1 bulan itu 29 hari atau 30 hari. Sehubungan pergerakan bulan amat rumit, maka sulit ditebak lamanya 1 bulan itu 29 hari atau 30 hari. Bulan dengan 30 hari selama 3 bulan berturut-turut, misalnya M7, M8, M9 pada tahun 2015, sering terjadi. Bulan dengan 29 hari selama 2 bulan berturut-turut sering ditemui, misalnya M4, M5 pada tahun 2015.

Sehubungan kalender China adalah kalender hakiki, untuk menentukan bulan baru, harus mengamati bulan di langit. Untungnya pada masa kini kita tidak perlu seribet itu. Cukup duduk manis di depan komputer. Pengetahuan masa kini sudah cukup maju, sehingga pergerakan bulan dan matahari yang rumit itu dapat dihitung dengan bantuan komputer. Bahkan dengan bantuan komputer kita bisa membuat kalender untuk 100 tahun ke depan. Tanggal 1 kalender China agak berbeda dengan tanggal satu kalender Islam atau kalender Yahudi. Pada kalender Islam atau kalender Yahudi, tanggal 1 jatuh ketika tampak bulan sabit (hilal) untuk pertama kalinya saat matahari tenggelam. Sedangkan pada kalender China, hilal tak perlu terlihat, cukup konjungsi sudah terjadi waktu bulan baru. Karena itu tanggal 1 kalender China bisa tiba 1 hari lebih cepat dibandingkan kalender Islam / kalender Yahudi.

Pada kalender Yahudi, untuk menentukan bulan kabisat menggunakan siklus Metonik, yaitu: bulan kabisat dilaksanakan 7 kali selama 19 tahun. Bagaimana cara menentukan bulan kabisat pada kalender China? Aturannya begini: Zhongqi harus terjadi pada bulan yang bersesuaian, misalnya zhongqi pertama Z1 harus terjadi pada bulan pertama M1. Zhongqi kedua Z2 harus terjadi pada bulan ke dua M2 dan seterusnya. Misalnya untuk Zhongqi Z1, bila ternyata sampai hari terakhir bulan ini Zhongqi belum tiba, maka bulan ini bukanlah bulan M1 tetapi bulan ke-12 kabisat / lun cap ji gwee. Bila sampai hari terahir, Z2 belum tiba, maka bulan tersebut bukan bulan M2 tapi bulan M1 kabisat/ lun Cia gwee dan seterusnya. Dengan perkataan lain, bulan yang tidak mempunyai Zhongqi adalah bulan kabisat ( lun gwee) dan dianggap lanjutan dari bulan sebelumnya.

Tang che atau makan wedang ronde untuk merayakan Dong Zhi (Z11)

Tanggal datangnya Zhongqi dapat dilihat pada tabel diatas. Tanggal pada tabel hanya perkiraaan, bisa meleset sampai 1 hari. Menentukan datangnya Zhongi secara tepat, harus dengan pengamatan astronomi, misalnya dengan mengukur panjang bayangan tongkat pada tengah hari (jam 12 siang). Zhongqi ke-11 (Z11) yang disebut Dong Zhi merupakan peristiwa istimewa dalam kalender China dan dirayakan dengan Tang che / makan wedang ronde, yaitu bola dari tepung ketan berisi kacang tanah dengan kuah manis dicampur jahe. Perayaan Dong Zhi, dalam budaya Barat disebut Winter Solistice. Pada saat Dong Zhi, matahari ada di garis balik selatan (tropic capricorn). Di bumi bagian utara terjadi hal-hal berikut:

  1. Musim salju
  2. Matahari paling rendah (= bayangan paling panjang)
  3. Siang paling singkat dan malam paling lama
Panjang bayangan tongkat 1 meter (100cm) saat tengah hari di kota Beijing
Zhongqi Panjang bayangan
Z11 (winter solistice) 199 cm
Z10, Z12 174 cm
Z9, Z1 125 cm
Z8, Z2 (equinox) 84 cm
Z7, Z3 54 cm
Z6, Z4 36 cm
Z5 (summer solistece) 30 cm

Saat itu ketinggian matahari pada tengah hari paling rendah. (=bayangan terpanjang). Misalnya di kota Beijing bayangan tengah hari tongkat 1 meter akan sepanjang 2 meter saat Don Zhi (winter solistice). Pada hari lain bayangan tongkat selalu lebih pendek dibandingkan saat Dong Zhi. Untuk memeriksa apakah Dong Zhi telah tiba, kita perlu periksa pada tengah hari (jam 12 siang), apakah bayangan tongkat sudah cukup panjang sebagai tanda tibanya Dong Zhi. Bila bayangan terpanjang tercapai, buatlah wedang ronde untuk merayakannya. Bila sampai hari terakhir bulan ini Don Zhi belum tercapai, maka bulan ini bukanlah bulan M11 tetapi bulan M10 kabisat (lun cap gwee). Rumit sekali, bukan? Tetapi sekali lagi, kini pengamatan astronomi tak lagi diperlukan. Datangnya Zhongqi dapat dihitung dengan bantuan komputer.

Mengukur panjang bayangan tongkat, saat tengah hari, mengharapkan datangnya Dong Zhi (Winter solistice). Di kota Beijing bayangan 2 kali lebih panjang dari tinggi benda saat winter solistice.

12 posisi Bumi ketika mengorbit matahari yang bersesuaian dengan Zhongqi. Bintik biru adalah posisi kota Beijing China.

Bumi menggelilingi matahari berlawanan putaran jarum jam kalau dilihat dari Kutub Utara. Zhongqi sebenarnya adalah penanda yang berkaitan dengan perjalanan bumi mengelilingi matahari. Satu lingkaran terdiri dari 360°, ada 12 Zhongqi dalam satu lingkaran. Jarak antara Zongqi adalah 360°/12 = 30° . Bila waktu telah bergulir ke Zhongqi berikutnya, artinya bumi telah beranjak sebesar 30° dalam perjalanan mengelilingi (mengorbit) matahari.

Orang Barat membagi 4 penanda musim yang bersesuaian dengan Zhongqi kalender China sebagai berikut:

  1. Vernal equinox, 21 Maret, musim semi, matahari ada di equator, bersesuaian dengan Z2
  2. Summer solistice, 22 Juni, musim panas, matahari ada di garis balik utara (tropic Cancer), bersesuaian dengan Z5
  3. Autumnal equinox, 23 September, musim gugur, matahari ada di equator, bersesuaian dengan Z8
  4. Winter solistice, 22 Desember, musim dingin, matahari ada di garis balik selatan (tropic Capricorn), bersesuaian dengan Z11

Rentang Zhongqi antara 30 hari sampai 31 hari. Sedangkan lamanya 1 bulan-lunar 29 hari atau 30 hari. Jarak Zhongqi dan bulan rata-rata berselisih 1 hari. Karena itu hari terjadinya Zhongqi rata-rata akan maju 1 hari setiap bulannya. Contoh pada M1, M2, M3, M4 , M5 tahun 2014, jatuhnya Zhongqi masing-masing jatuh pada hari ke 20, 21, 21, 23, 24. Suatu ketika Zhongqi akan jatuh pada akhir bulan. Zhongqi yang jatuh pada akhir bulan berpotensi menjadi bulan kabisat pada bulan berikutnya. Bulan tersebut tidak mempunyai Zhongqi, sesuai aturan akan menjadi bulan kabisat. Contoh bulan kabisat adalah M9+ tahun 2014 dan M6+ tahun 2017.

 

Kalender China 2014 (Kuda)
tahun baru 31 Januari 2014
bulan kabisat M9

Bulan Baru Zhongqi
M1, 05:39 31-01-2014 (29) Z1, 02:00 19-02-2014 (20)
M2, 16:00 01-03-2014 (30) Z2, 01:00 21-03-2014 (21)
M3, 02:47 31-03-2014 (29) Z3, 12:00 20-04-2014 ( 21)
M4, 14:18 29-04-2014 (30) Z4, 12:00 21-05-2014 (23)
M5, 02:43 29-05-2014 (29) Z5, 19:00 21-06-2014 (24)
M6, 16:08 27-06-2014 (30) Z6, 06:00 23-07-2014 ( 27)
M7, 06:40 27-07-2014 (29) Z7, 13:00 23-08-2014 (28)
M8, 22:11 25-08-2014 (30) Z8, 16:00 23-09-2014 (30)
M9, 14:12 24-09-2014 (30) Z9, 01:00 23-10-2014(30)
M9+, 05:56 24-10-2014 (29)  
M10, 20:34 22-11-2014 (30) Z10, 23:00 22-11-2014(1)
M11, 09:41 22-12-2014 (29) Z11, 08:00 22-12-2014 (1)
M12, 21:20 20-01-2015 (30) Z12, 18:00 20-01-2015(1)

Kalender China 2015 (Kambing)
Tahun baru 19 Februari 2015
bulan kabisat tak ada

Bulan Baru Zhongqi
M1, 19-02-2015 (29) Z1, 19-02-2015 (1)
M2, 20-03-2015 (30) Z2, 21-03-2015 (2)
M3, 19-04-2015 (29) Z3, 20-04-2015 (2)
M4, 18-05-2015 (29) Z4, 21-05-2015 (4)
M5, 16-06-2015 (30) Z5, 22-06-2015 (7)
M6, 16-07-2015 (29) Z6, 23-07-2015 (8)
M7, 14-08-2015 (30) Z7, 23-08-2015 (10)
M8, 13-09-2015 (30) Z8, 23-09-2015 (11)
M9, 13-10-2015 (30) Z9, 24-10-2015 (12)
M10, 12-11-2015 (29) Z10, 22-11-2015 (11)
M11, 11-12-2015 (30) Z11, 22-12-2015 (12)
M12, 10-01-2016 (29) Z12, 21-01-2016 (12)

Kalender China 2016 (Monyet)
Tahun baru 08 Februari 2016
Bulan kabisat tak ada

Bulan Baru Zhongqi
M1, 08-02-2016 (29) Z1, 19-02-2016 (12)
M2, 09-03-2016 (29) Z2, 20-03-2016 (12)
M3, 07-04-2016 (30) Z3, 19-04-2016 (13)
M4, 07-05-2016 (29) Z4, 20-05-2016 (14)
M5, 05-06-2016 ( 29) Z5, 21-06-2016 (17)
M6, 04-07-2016 (30) Z6, 22-07-2016 (19)
M7, 03-08-2016 (29) Z7, 23-08-2016 (21)
M8, 01-09-2016 (30) Z8, 22-09-2016 (22)
M9, 01-10-2016 (30) Z9, 23-10-2016 (23)
M10, 31-10-2016 (29) Z10, 22-11-2016 (23)
M11, 29-11-2016 (30) Z11, 21-12-2016 ( 23)
M12, 29-12-2016 (30) Z12, 20-01-2017 (23)

Kalender China 2017 (Ayam)
Tahun baru 28 January 2019
Bulan kabisat M6

Bulan Baru Zhongqi
M1, 28-01-2017 (29) Z1, 18-02-2017 (22)
M2, 26-02-2017 (30) Z2, 20-03-2017 (23)
M3, 28-03-2017 (29) Z3, 20-04-2017 (23)
M4, 26-04-2017 (30) Z4, 21-05-2017 (26)
M5, 26-05-2017 (29) Z5, 21-06-2017 (27)
M6, 24-06-2017 (29) Z6, 22-07-2017 (29)
M6+, 23-07-2017 (30)  
M7, 22-08-2017 (29) Z7, 23-08-2017 (2)
M8, 20-09-2017 (30) Z8, 23-09-2017 (4)
M9, 20-10-2017 (29) Z9, 23-10-2017 ( 4)
M10, 18-11-2017 (30) Z10, 22-11-2017( 5)
M11, 18-12-2017 (30) Z11, 22-12-2017(5)
M12. 17-01-2018 (30) Z12, 20-01-2018(4)

Karena tahun-lunar dan tahun-matahari berselisih 11 hari, maka pada tahun berikutnya Zhongqi kurang lebih akan maju 11 hari. Contoh: Z1 tahun 2015 terjadi pada hari ke 1. Pada tahun 2016 kira-kira akan terjadi pada hari ke 1 + 11 = 12. Lihatlah pada tabel Z1 tahun 2016, ternyata benar terjadi pada hari ke-12.

Bila tahun sebelumnya mengandung bulan kabisat, tahun tersebut ditambah 1 bulan atau diundur kurang lebih 30 hari, maka Zongqi tahun berikutnya akan mundur 30-11 = 19 hari. Contoh: karena tahun 2014 tahun kabisat, maka Zhongqi 2015 akan mundur kurang lebih 19 hari. Contoh: Tahun 2014, Z1 terjadi pada hari ke-20. Pada tahun 2015 kira-kira akan terjadi pada hari ke 20 - 19 = 1. Lihatlah tabel Z1 pada tahun 2015, ternyata benar terjadi pada hari pertama.

Kapan Bulan Baru

Seperti sudah saya katakan bergulirnya bulan baru kalendar China tidak sama dengan kalender Islam. Pada kelender Islam bulan baru adalah ketika lepas magrib terlihat bulan sabit(hilal) untuk pertama kali. Kalender China tidak menganut pergantian hari selepas magrib, tetapi menganut pergantian hari terjadi pada tengah malam seperti kalender Gregorian. Bulan baru(tanggal 1) terjadi bila hari tersebut terjadi konjungsi (ijtimak). Hari tersebut terhitung bulan baru(tanggal 1) meski konjungsi terjadi 1 detik sebelum tengah malam. Perhitungan waktu berdasarkan garis 120° bujur timur, atau sama dengan UTC + 8jam. Perhitungan waktu berdasarkan 120° bujur timur ini sama denga waktu Indonesia bagian tengah (WITA). Karena bulan baru berdasarkan konjungsi (bukan penampakan hilal), Maka kalender China umumnya 1 hari mendahului kelender Islam. Misalnya menurut kalender China sekarang tanggal 5 maka menurut kalender Islam adalah tanggal 4. Bulan baru pada kalender China, bulan tak dapat terlihat (bulan Mati).

Tahun baru dan Siklus Metonic

Masih ingat cara menghitung hari raya Paskah pada kalender gereja? Bulan purnama Paskah pada kalender Gregorian akan berulang dengan siklus 19 tahun-an yang disebut siklus Metonic. Demikian pula kalender China, yang juga merupakan kalender Surya-Candra. Seperti kalender Gereja, tanggal tahun barunya kurang lebih akan mengikuti siklus metonic, dan bila terjadi perbedaan umumnya berselisih 1 hari.

Tabel Tahun baru China dengan siklus 19 tahun-an

Periode1 Periode2 Perkiraan
1980: 16-Feb 1999: 16-Feb 16-Feb
1981: 05-Feb 2000: 05-Feb 05-Feb
1982: 25-Jan 2001: 24-Jan 25-Jan
1983: 13-Feb 2002 : 12-Feb 13-Feb
1984: 02-Feb 2003 : 01-Feb 02-Feb
1985: 20-Feb 2004: 22-Jan 22-Jan
1986: 09-Feb 2005: 09-Feb 10-Feb
1987: 29-Jan 2006: 29-Jan 30-Jan
1988: 17-Feb 2007: 18-Feb 18-Feb
1989: 06-Feb 2008: 07-Feb 07-Feb
1990: 27-Jan 2009: 26-Jan 27-Jan
1991: 15-Feb 2010: 15-Feb 15-Feb
1992: 04-Feb 2011: 03-Feb 04-Feb
1993: 23-Jan 2012: 23-Jan 24-Jan
1994: 10-Feb 2013: 10-Feb 12-Feb
1995: 31-Jan 2014: 31-Jan 31-Jan
1996: 19-Feb 2015: 19-Feb 19-Feb
1997: 07-Feb 2016: 08-Feb 08-Feb
1998: 28-Jan 2017: 28-Jan 28-Jan

Kita telah mempelajari rumus untuk menghitung hari raya Paskah dengan memanfaatkan siklus Metonic. Cara yang sama dapat kita terapkan untuk mencari (memperkirakan) tahun baru China. Jika kita meanggap Z1 jatuh pada 19 Februari, maka tahun baru paling lambat jatuh pada 19 Februari, yakni bila jatuh pada hari pertama M1. Tahun baru paling awal terjadi bila jatuh pada hari terakhirnya M1. Misal lamanya M1 adalah 30 hari, maka tahun baru paling awal:

19 - 29 = -10 Februari atau -10 + 31 = 21 Januari

Jadi Tahun baru China akan selalu jatuh pada tanggal 21 Januari - 19 Februari inklusif. (Kenyataannya 21 Januari - 20 Febuari karena Z1 mungkin jatuh pada 20 Februari). Selanjutnya tinggal menurunkan rumus seperti menghitung hari raya Paskah. Cobalah isi text box di bawah ini, kemudian click tombol hitung. Komputer akan memperkirakan Tahun baru China. Perhitungan ini tidak tepat benar, bisa beda 1 hari. Tentu saja! kalender China adalah kalender astronomi bukan kalender aritmatika seperti halnya kalender Gereja.

Rumus memperkirakan tahun baru China adalah sebagai berikut:

Tahun_baru = 19 - epact
epact = (11*golden + 19) mod 30
golden = year mod 19

dimana: year adalah tahun Gregorian dan opertor mod adalah modulus (sisa pembagian).

Sekian... semoga dapat menambah wawasan. Terima kasih telah mengunjungi situs kami ...

bacaan.

http://mayakayla.blogspot.com/2013/12/asal-usul-festival-dongzhi.htm
http://www.tionghoa.info/perhitungan-bulan-lun-lun-gwee-pada-kalender-imlek
http://syauqingisab.blogspot.com/2011/12/sistem-penanggalan-china.html


Komentar:

AgHad(2017-01-25 16:29:53)

Yg saya masih bingung: Jumlah hari dalam bulan Kalender Cina kok tidak konsisten seperti kalender gregorian. (Januari selalu 31hari, April selalu 30. Hanya Febr yg 29 pd kabisat). Bagaimana rumus yg mudah utk menentukan bulan mana yg diselipi Lun Gwee. Terimakasih

AgHad(2017-01-25 16:17:58)

Terimakasih. Rumit memang karena banyak variabelnya, tapi sedikit2 saya berusaha memahami. Secara menghitung hari paskah yg jatuh pada hari minggu pertama setelah purnama pertama setelah vernal equinox. Benarkah jika saya menghitung awal tahun imlek jatuh pada bulan mati/ baru kedua setelah winter solstisium, atau bln mati ketiga, apabila jatuh sebelum 20 Februari. Mohon penjelasan. Terimakasih

jhan purba(2016-12-09 14:15:51)

menurut info orang tua, istri saya dilahirkan dengan memberikan data berikut: Kauw gwee Dji cap. Tanggal dan bulan berapakah ini berdasar kalender sekarang (gregorian?)yg dipakai di indonesia? Terimakasih atas perhitungannya. salam, jhan purba

jhan purba(2016-12-09 14:13:25)

menurut info orang tua, istri saya dilahirkan dengan memberikan data berikut: Kauw gwee Dji cap. Tanggal dan bulan berapakah ini berdasar kalender sekarang (gregorian?)yg dipakai di indonesia? Terimakasih atas perhitungannya. salam, jhan purba


Silahkan tulis komentar anda: