Kalender Hijriah Internasional 1

Kriteria Mohamad Odeh

bulan tahun

 

 

Mata telanjang Teropong

Unifikasi Kalender Hijriah

Banyak orang berfikir penyatuan kalender Hijriah yang berlaku untuk seluruh dunia adalah angan-angan belaka. Jangankan menyatukan kalender untuk seluruh dunia menyatukan kalender Hijriah secara nasional di negara kita, Indonesia saja susah banget. Masih ada sekelompok masyarakat yang memulai ibadah puasa atau merayakan Idul Fitri pada hari yang berbeda. Sesungguhnya membuat kalender Hijriah yang berlaku untuk seluruh dunia itu mungkin. Buktinya laman web yang anda baca inilah! Memang benar membuat kalender global "teoritis" itu mungkin, namun apakah kelender semacam ini dapat disepakati adalah masalah lain.

Perhitungan kalender Hijriah pada laman web ini, mencakup seluruh dunia, dari kutub utara sampai kutub selatan. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Anda pilih bulan dan tahun pada select box. Komputer akan menghitung kapan bulan baru akan jatuh menurut kalender Gregorian. Lihat peta! Bintik biru adalah lokasi yang akan dihitung. Tanggal jatuhnya bulan baru langsung terlihat di peta pada tulisan yang berwarna biru. Misalnya anda memilih bulan = Ramadhan, tahun = 1436. Pada peta tertera biru: 18 Juni 2015, Artinya tanggal 1 Ramadan 1436H jatuh pada tanggal 18 Juni 2015.

Untuk mengubah lokasi tidak sulit, clik peta pada lokasi yang dimaksud. Misalnya anda ingin menghitung untuk Jepang, maka arahkan kursor pada Jepang dan click tombol "mouse". Maka bintik biru akan berpindah ke posisi Jepang.

Gambar penampakan dari bulan juga dapat diubah, dilihat dengan mata telanjang atau dilihat dengan teropong. Cobalah! dengan click radio button menurut pilihan anda.

Bintik hitam adalah lokasi dimana hilal (bulan sabit) pertama kali dapat dilihat. Garis lengkung merah adalah garis tanggal lunar (Lunar Date Line, LDL). Garis biru tebal adalah garis tanggal Internasional (International Date Line, IDL).

Ketahuilah lokasi yang berseberangan dengan garis tanggal adalah hari yang berbeda. Misalnya Disebelah Barat garis IDL hari Jum'at, maka disebelah timur IDL adalah hari Kamis. Bisa terjadi orang pergi ibadah Jum'at ke Masjid pada hari yang berbeda dengan tetangga sebelah, hanya karena terpisah oleh garis tanggal. Untunglah hal demikian tak pernah terjadi, karena garis tanggal IDL letaknya di tengah samudra. Bujur nol dipilih kota Greenwich (Inggris) agar IDL jatuh ditengah samudra, sehingga masalah yang ganjil ini tidak terjadi.

Garis tanggal lunar (lengkung merah) LDL adalah tempat dimana Hilal Mulai dapat dilihat saat magrib. Bulan baru dimulai pada posisi garis tanggal menyapu dari timur ke arah barat dan sampai ke tempat semula 24 jam kemudian. Hilal yang terlihat pada garis tanggal sangat tipis, makin ke timur barat hilal makin tebal sejalan dengan umur bulan yang semakin tua (trim Iwan Gunawan). Garis tanggal lunar berubah-ubah tiap bulannya tergantung dari posisi bulan. LDL mungkin memotong daerah berpenduduk. Misalnya LDL melewati negara kita pada 1 Syawal 1430H. Kita berlebaran pada hari yang berbeda dengan tetanga sebelah karena terpisah oleh garis LDL. Disebelah barat garis, berlebaran hari ini 20 September, sedang disebelah timur garis tanggal berlebaran esok 21 September. Kalau hal tersebut terjadi, sebaiknya jadikan hari lebaran serentak esok hari 21 September agar tidak berbeda dengan tetanga kita.

LDL diputus bila telah mencapai lingkaran kutub lintang 60°. LDL juga dihentikan ketika umur bulan telah mencapai 24 jam. Setelah itu LDL diluruskan sejarar garis bujur

International date line (IDL) bisa berpotongan dengan lunar date line( LDL), situasi menjadi semakin rumit. Wilayah-wilayah di dunia terbagi-bagi oleh IDL dan LDL. Untunglah Sistem click peta pada laman web ini dapat mengatasi kerumitan-kerumitan tersebut!

Laman web ini dapat menghisap bulan baru hijriah dengan kriteria Odeh untuk seluruh dunia. Tapi kalau ada otoritas lokal di tempat anda tinggal, berpedomanlah pada otoritas lokal, jangan pada laman web ini tentunya. Bagi kita yang tinggal di Indonesia, ikutilah keputusan pemerintah yang dibuat melalui sidang Isbat. Kalau anda merantau di suatu negara, sedangkan di negara tersebut tidak ada otoritas yang dapat menentukan bulan baru, semoga menggunakan hisap di laman ini akan bermanfaat.

Catatan

Untuk membuat kalender Hijriah seperti ini kita harus mampu mem-prakira-kan kapan hilal dapat dilihat untuk pertama kali. Seperti kita ketahui bergulirnya bulan adalah ketika hilal pertama tersebut terlihat. Ilmu Astronomi dewasa ini, kita dapat meramalkan posisi matahari dan bulan dengan akurat. Buktinya kita dapat mem-prakira-kan kapan terjadinya gerhana matahari. Dengan demikian yang kita perlu adalah kriteria yang dapat diandalkan untuk menentukan kapan hilal dapat terlihat.

Mem-prakira-kan datangnya hilal ternyata tidak mudah, kita harus punya ratusan data (kalau perlu ribuan). Sehingga kita mampu membuat kriteria kapan hilal muncul. Kriteria yang kita buat haruslah cocok dengan ribuan data empiris tadi. Perhitungan laman web ini menggunakan Kriteria yang diusulkan oleh Muhammad Odeh dari Yordania. Beliau membuat kriteria berdasarkan lebih dari 700 data pengamatan hilal dari seluruh dunia (wow, banyak sekali). Kriteria Odeh berdasarkan data yang cukup banyak ini diharapkan cukup representatif, kriteria yang dibuatpun dapat diandalkan.

Kalau anda ingin tahu lebih jauh tentang kalender bulan baca laman saya yang lain:

Perhitungan posisi bulan dan matahari disini mengikuti saran dari Paul Schlyter, Stockholm, Sweden http://stjarnhimlen.se/. Tampilan peta menggunakan menggunakan frame-work d3 (data driven document) oleh Michael Bostock.

Jika anda perlu melakukan copy-paste laman web saya ini, anda HARUS mencantumkan sumbernya. Berilah link ke sumbernya, seperti yang saya contohkan pada alinea di atas..

Sebelum mengakhiri, saya ingin menawarkan produk saya jam sholat digital yang saya rancang sendiri. Jam sholat ini bisa dikalibrasi sehingga akurasinya sangat baik. Jam sholat ini sangat cocok untuk dipasang di masjid-masjid maupun di tempat umum lainnya seperti di kantor, rumah sakit, asrama dan lainnya. Sekian... semoga bermanfaat.


Komentar:

Iwan Gunawan(2015-06-17 05:40:50)

Garis tanggal lunar (lengkung merah) LDL adalah tempat dimana Hilal Mulai dapat dilihat saat magrib. Bulan baru dimulai pada posisi garis tanggal menyapu ke arah Timur dan sampai ke tempat semula 24 jam kemudian. Hilal yang terlihat pada garis tanggal sangat tipis, makin ke timur hilal makin tebal.........

Bukannya makin ke timur makin tipis, makin ke barat makin tebal ?

Jawaban Web Master:
Astaga anda benar!! Padahal saya sudah baca ulang sebelum posting artikel ini, ternyata masih ada yang salah tulis. Terima kasih banyak atas koreksinya, dengan demikian alinea yang salah sudah saya perbaiki. Nyatalah saya perlu bantuan sidang pembaca untuk memberi koreksi, kritik atau saran agar artikel ini semakin baik. Silahkan cantumkan komentar anda!

Yang benar semakin ke barat hilal semakin tebal. Ini bisa disimulasikan pada laman web ini. Clik peta mulai dari garis tanggal ke arah barat. Pada gambar hilal akan terlihat hilal semakin tebal(sebelumnya pilih teropong pada radio button)


Silahkan tulis komentar anda: