Bulan-Bintang

Cantiknya sinar bulan, lebih cantik gadis pujaanku. Cemerlangnya sinar bintang, lebih cemerlang cintaku kepadamu. Koes-Plus.

Kali ini saya akan menguji pengetahuan astronomi anda! Benda langit apa yang paling terang pada malam hari? Jawabannya adalah bulan! Bintang apa yang paling cemerlang? Jawaban yang benar adalah bintang Kejora. Kok, bintang yang paling cemerlang bintang Kejora sih? Bukankah bintang paling cemerlang itu Sirius?? Iya, bintang Kejora itu bintang yang paling terang, kalau pembaca gak percaya simak petikan syair lagu anak-anak berikut ini:

"...tampak sebuah lebih terang cahayanya! Itulah bintangku, bintang Kejora yang indah slalu"

Anda kenal dengan lagu di atas, bukan? Pada waktu saya masih duduk di bangku sekolah dasar, saya dan teman-taman sering menyanyikan lagu tersebut. Sayangnya kami tidak pernah tahu bintang yang mana yang disebut bintang Kejora. Saya jadi penasaran, kemudian bertanya kepada ibu saya, namun ternyata ibu saya juga tidak tahu apa itu bintang Kejora.

Belakangan saya baru tahu bahwa bintang Kejora itu sebenarnya adalah planet Venus! Jadi lagu yang saya sebut tadi salah kaprah, bintang Kejora itu bukanlah bintang tapi planet. Supaya syair lagu tadi menjadi benar, kita harus mengganti kata Kejora menjadi Sirius. Bintang Siriuslah sebenarnya yang merupakan bintang paling cemerlang di malam hari. Memang "bintang" Kejora lebih cemerlang dari Sirius tapi bintang Kejora bukanlah bintang.

Lagu tersebut tidak terlalu salah, karena dalam budaya kita, memang ternyata kita tidak membedakan bintang atau planet. Semua objek kecil bercahaya di langit pada budaya kita disebut bintang. Contohnya, orang Jawa menyebut bintang Kejora sebagai "Lintang Panjer Esuk" atau bintang menjelang pagi. Orang Melayu menyebutnya sebagai Bintang Fajar yakni bintang yang terlihat sebelum fajar menyingsing. Kalau kita melihat bintang terang menjelang shubuh di timur, di arah matahari terbit, itulah bintang Kejora alias Venus. Orang yang rajin Sholat shubuh di mesjid biasanya mengenal "bintang" ini.

Orang Yunani menyebut bintang Kejora / Venus sebagai dewi kecantikan. Orang menganggap Venus dewi kecantikan mungkin karena saking cemerlangnya (cantik) bintang ini. Apa yang terjadi bila dewi kecantikan bertemu dengan ratu malam sang rembulan? Tentulah merupakan peristiwa yang menarik untuk kita saksikan. Tak mengherankan kalau di Internet beredar foto yang mengabadikan peristiwa ini. Salah satu contohnya adalah gambar di bawah ini. Ini adalah foto ketika bulan sabit berada dekat dengan planet Venus pada tanggal 22 Maret 2015

Sebenarnya antara Bulan dan Venus bisa berjarak lebih dekat lagi dibandingkan gambar di atas, lihat gambar di bawah ini:

Posisi Venus yang terlihat sangat dekat dengan Bulan sabit ini sangat indah, bukan? Hal tersebut mengingatkan saya pada ornamen bulan bintang pada puncak kubah mesjid. Juga lambang partai politik Masyumi zaman presiden Soekarno atau lambang partai bulan bintang pada masa sekarang. Juga ada pada bendera negara Turki.

Lebih ekstrim lagi, posisi Bulan tepat pada posisi Venus, maka terjadi gerhana atau Venus terhalang oleh Bulan. Istilahnya Venus ditutup oleh Bulan (Venus Ocultation by moon). Dulu saya menyangka bahwa benda langit yang bisa ditutup oleh Bulan hanya matahari (pada perisitiwa gerhana matahari). Ternyata planet-planet juga mungkin terhalang oleh Bulan. Jadi Venus, Mars, Yupiter Saturnus bahkan bintang-bintang tertentu mungkin terhalang oleh Bulan. Hal tersebut karena Bulan beredar di jalur ekliptik (jalur gerhana) dan Bulan merupakan benda langit terdekat dari bumi. Ketahuilah matahari, dan planet-planet beredar pula pada jalur ekliptik di langit. Tak mengherangkan bila benda-benda langit tersebut dapat terhalang oleh Bulan. Juga bintang-bintang yang terletak pada jalur ekliptik mungkin terhalang oleh Bulan!!

Bintang Fajar atau Bintang Senja?

Sebelumnya saya mengatakan bahwa bintang Kejora itu disebut bintang Fajar atau orang Jawa menyebutnya Lintang Panjer Esuk. Tapi ketahuilah, sebenarnya bintang Kejora pada satu rentang waktu terlihat waktu shubuh di Timur. Namun pada rentang waktu lain ia tak tampak pada waktu shubuh, tetapi setelah magrib di sebelah Barat arah matahari tenggelam. Banyak orang menyangka bintang cemerlang yang terlihat di waktu shubuh dan bintang cemerlang yang terlihat setelah magrib adalah bintang yang berbeda. Sesungguhnya itu bukan bintang yang berbeda tapi bintang yang sama yakni planet Venus.

Saya menduga bintang Kejora yang dimaksud pada nyanyian anak-anak tadi bukanlah bintang Kejora yang terlihat pada waktu shubuh, tetapi bintang Kejora yang terlihat sesudah magrib. Alasannya, anak-anak biasanya belum bangun pada waktu shubuh. Benarkah demikian? saya tak tahu pasti.

Ayo Kita Lihat Venus Bertemu Bulan

Sangat menarik untuk melihat Venus bertemu dengan Bulan sabit, tapi kita harus tahu kapan itu terjadi. Catat baik-baik tanggalnya:

Pada tanggal di bawah ini, Bulan harus diamati ke arah matahari terbenam sebelah barat, setelah magrib, tanggal muda, fase sabit membesar (waxing crescent)

Pada tanggal di bawah, bulan harus diamati ke arah matahari terbit di sebelah timur, menjelang Shubuh, tanggal tua, fase sabit mengecil (waning crescent)

Screen Shoot dari Planetarium yang menggambarkan Venus bertemu bulan dilihat dari kota bandung 9 Oktober 2015 pukul 4:30 Shubuh.

Peristiwa tertutupnya Venus oleh Bulan (Venus Ocultation by moon) adalah peristiwa langka yang dapat disaksikan hanya pada tempat tempat tertentu di bumi. Ocultation terjadi pada tanggal 19 Juli 2015, tanggal 9 Oktober 2015 di Australia dan 8 Desember 2015 Di Alaska, sayang tidak dapat disaksikan di Indonesia. Tetapi pada tanggal 9 Oktober 2015 Venus akan terlihat sangat dekat dengan Bulan di Indonesia (hampir tertutup). Karena itu jangan lewatkan tanggal 9 Oktober. Bangunlah sebelum shubuh untuk menyaksikan Venus dan Bulan bertemu pada jarak yang sangat-sangat dekat. Sebagai bonus anda akan melihat Mars dan Yupiter. Semoga anda beruntung, langit cerah tak berawan sehingga peristiwa tersebut dapat anda saksikan!!

Melihat sendiri peristiwa astronomis pastilah mengesankan. Saya mencoba melihat sendiri Venus-Bulan bertemu pada tanggal 21 May 2015 (2 Sya'ban 1436). Saat senja pada tanggal tersebut langit kota Bandung tidak cerah, tak satupun bintang terlihat di langit. Saya sempat berfikir, kali ini saya akan gagal melihat Venus-Bulan bertemu. Tapi setelah saya melihat ke barat, saya terkejut ternyata tampak Venus-Bulan bersinar dengan cemerlang! Langit yang berawan boleh menutup bintang, tapi cahaya Venus dan cahaya Bulan berhasil menembus awan! Senja itu seakan-akan langit kota Bandung milik keduanya. Saya pun mengambil foto peristiwa tersebut, ini dia gambarnya.

Venus-Bulan bertemu pada 21 Mei 2015. Foto diambil di depan Hotel Perdana Wisata Jl. Jend. Sudirman Bandung, pukul 18:30

Saya mengajak anda untuk menyaksikan Venus-Bulan bertemu pada tanggal yang telah saya sebut di atas. Kalau anda guru SD, boleh mengajak murid-murid untuk menyaksikan juga, sehingga murid-murid tidak bertanya-tanya apa itu bintang Kejora seperti yang saya alami pada masa kecil. Tapi ngomong-ngomong, apakah anak-anak sekarang mengenal lagu bintang Kejora?

Ceritakan pengalaman anda dengan cara menulis komentar di bawah ini. Sekian... semoga bermanfaat...

Sebelum mengakhiri, saya ingin menawarkan produk saya jam sholat digital yang saya rancang sendiri. Jam sholat ini bisa dikalibrasi sehingga akurasinya sangat baik. Jam sholat ini sangat cocok untuk dipasang di masjid-masjid maupun di tempat umum lainnya seperti di kantor, rumah sakit, asrama dan lainnya.


Komentar:

Rini Astuti(2017-06-21 07:36:13)

Saya subuh tadi lihat bintang dan bulan sabit berdekatan indah sekali, pas terjadi di hari ke-26 bulan ramadhan 1438 H

Wahyu(2017-05-22 03:54:08)

Tepat tgl 22 Mei 2017 jam 03:00 Venus bertemu bulan dan langit terlihat bersih dan indah...

Armanto Joedono(2016-05-17 04:26:33)

Kejadian ini selalu terjadi menjelang bulan puasa. Silakan lihat ke langit malam2 menjelang puasa.

Farhan Aqwamuddin(2015-12-08 04:55:19)

Saya harap tahun 2016 juga ditulis kapan terjadinya

Ani lee(2015-07-02 14:04:59)

Thank you so much . I love you .. Gak sabar mau ngelihat bintang-bintang itu hehehe . Trima kasih keterangannya .


Silahkan tulis komentar anda: