flash animation

Simulator ini memperagakan Heliacal rising atau bintang terbit untuk pertama kalinya di waktu subuh. Heliacal rising mempunyai arti penting dalam sejarah kebudayaan umat manusia. Contohnya Orang mesir dahulu, perhitungan kalender berdasarkan Heliacal rising dari bintang Sirius. Perhitungan musim orang Jawa zaman dahulu, dimulai dengan terbitnya rasi bintang waluku (Orion) untuk pertama kali di waktu subuh. Hal tersebut menandakan dimulainya mangsa pertama (musim kemarau) di tanah Jawa.

Sebelum memulai pilihlah bintang dan lokasi pengamat. Kalau anda ingin menamati Waluku ditanah Jawa, tulis latitude(lintang) 7° S (south = selatan). Ini adalah lintang untuk tanah Jawa. Sekarang isi posisi bintang, ambil contoh Betelgeuse yang merupakan bintang ke-2 paling terang di rasi waluku(orion). Posisi Betelgeuse declinasi = 10.4° dan right_ascension = 5.9 h

Mulailah meletakkan kursor pada Day of year saat Betelgeuse mulai muncul pertama kali pada bulan July. Sapu kursor pada panel paling bawah mulai dari tengah malam(midnight), tengah hari (noon) sampai tengan malam berikutnya. Dengan kata lain sapu kursor dari kiri ke kanan mengguakan Mouse (pilih don´t lock). Amatilah pergerakan bintang(Betelgeuse) dan matahari pada panel terbesar. Kalau sudut pandangnya kurang jelas, seret gambar tersebut sampai didapatkan sudut pandang yang sesuai. Ingatlah bintang terlihat bila bintang tersebut diatas ufuk dan matahari dibawah ufuk.

Ulangi pekerjaan diatas untuk bulan berikunya Agustus, September,....berurutan sampai kembali pada bulan July. Amatilah apa yang terjadi! Perhatikan berbagai status penampakan bintang:

  1. Bintang terbit sebelum subuh.
  2. Bintang terlihat sepanjang malam.
  3. Bintang terlihat sebentar setelah magrib kemudian tenggelam.
  4. Bintang pada posisi matahari(tak terlihat).

Dengan menggunakan simulator ini anda sudah menjadi pengamat Waluku selama setahun hanya dalam beberapa menit!

Telitilah juga untuk bintang-bintang lain: Misalnya Antares bintang paling terang di rasi scorpio. Letak Antares, Declination = -26.4° RightAscention = 16.5h. Bintang paling dekat dengan bumi Alpha Centauri. Letak Alpha Centauri, Declination=-60,4° RightAscention =14.7h.

Simulator ini di download dari astro.unl.edu

Kamus:
Star above horizon = bintang di atas cakrawala(ufuk)
midnight = tengah malam
sunrise = matahari terbit
noon = tengah hari(dzuhur)
sunset = matahari terbenam(magrib)
start of twilight = subuh
end of twilingt = isya
star rise = bintang terbit
star set = bintang terbenam