Daftar komentar untuk Artikel:

Menentukan Kiblat dengan Bola Dunia

Hendra(2011-06-21 12:39:00)

Salam kenal,
Mas Hartono, web-nya keren banget, sangat membantu dalam perjalanan dimana bisa cari jalan singkatnya. Saya mau tanya, bisa dipakai di hape blackberry ga yaa, karena kalau buka lewat web lemot banget.
Thanks feedback-nya

Jawaban web master:
Pertanyaan yang bagus. Menghitung kiblat pakai alat mobile semacam black Berry, Hp Android atau sejenisnya sangat menarik karena adanya kemampuan geolocator sehingga dapat menentukan arah kiblat tanpa kita perlu ribet menentukan posisi secara manual. Lagi pula Banyak hp pintar dilengkapi sensor Magnetik sehingga dimungkinkan buat aplikasi Kompas Kiblat. Kalau masalah lemot dapat diakali dengan tampilannya dibuat ringan pas untuk Black Berry. Masalahnya saya belum ada waktu, lagi pula saya ngak punya black berry :-). Solusi kedua dengan membuat aplikasi yang bisa di download. Tapi harus buat dulu aplikasinya. Coba anda cari ditempat lain, sekarang telah tersedia aplikasi Kompas Kiblat, tanya Om Google

Idrus Anang(2011-05-29 18:17:00)

Bukankah pada setiap tanggal 21 Juni matahari berada pada GBU ( Garis Balik Utara ) posisi 23,5 derajat LU ( Lintang Utara ). Sedangkan kota Mekkah berada pada posisi 22 derajat LU.Apakah betul pada tanggal 28 Mei matahari berada di atas kota makkah ?

jawaban Web Master:
Betul matahari ada diatas Makkah pada tanggal 28 mei saat Dzuhur dikota tersebut, karena pada saat itu deklinasi matahari = lintang Mekah = 21.4 ° (bukan 22 ° seperti yang anda katakan).
Coba cek deklinasi matahari pada tanggal tersebut di sini:Menentukan Kiblat mengunakan Matahari

Sri Lestari(2011-05-20 16:01:00)

Assalamu'alaikum Mas hartono,
saya orang awam, ingin mengetahui arah kiblat dengan cepat, rasanya saya jadi tambah bingung deh ngebacanya

Jawaban Web Master:
Memang ilmu mencari arah kiblat agak rumit, tapi sebenarnya anda tak usah bingung karena anda tinggak memilih kota tempat anda tinggal di select box lalu komputer menghitung arah kiblat untuk anda. Bila kota anda tinggal tidak ada di select box, silahkan click peta dan cari lokasi dimana anda tinggal.
Sederhana bukan?

Tatmainul Qulub(2011-01-01 23:39:00)

Salam kenal...
Mas Hartono, bagus sekali websitenya...
Banyak menambah wawasan pembaca khususnya tentang teori penentuan arah kiblat.
Oya, mungkin akan lebih bermanfaat bila ditulis juga bagaimana cara menghitung arah kiblat dengan dua acuan itu, baik dengan lingkaran besar maupun rumb line. Karena yg selama ini baru banyak diketahui, teori penentuan arah kiblat hanya menggunakan teori trigonometri bola dg acuan lingkaran besar.
Terimakasih....

Lina(2010-12-31 06:02:00)

Salam Kenal
Mas Hartono web sitenya keren! Sayang artikelnya terlalu ribet, susah dimengerti